Tuesday, 9 July 2013

CONTOH  KOMUNIKASI TERAPEUTIK

DRAMA KOMUNIKASI TERAPEUTIK

    Suatu hari di Jln. Adam pedolot terjadi kecelakaan, seorang remaja laki - laki yang mengendarai sepeda motor menabrak tiang pembatas jalan. Remaja itu mengalami luka pada daerah tangan dan kaki nya dan ia langsung di larikan ke Rumah Sakit dotoe’ binang kang sambil meraung-raungkesakitan.

Pasien lukman      : aduh....aduh sakit sekali.

Perawat                  : sabar... ya de’.Sakit nya hanya sebentar nanti setelah diobati   
                                                         Pasti sakit nya hilang.
 
 Selang beberapa menit kemudian, keluarga remaja itu datang dengan wajah yang cemas dan tegang.

Komang                  : amal dimana lukman...?
Amal                      : m.... aku juga nggak tahu. Coba kita cari di ruang UGD mungkin
                     Dia di sana.
                      
Sesampainya di ruang UGD, amal dan komang melihat lukman yang masih meraung-raung kesakitan, lalu mereka menghampiri lukman.

 komang                    : lukman....gimana keadaanmu? Apanya yang sakit dan luka?
             Pasien lukman           : Aduh...semua badan ku terasa sakit dari tangan, siku, lutut,
                                      kaki...  aduh sakit sekali.
    
                         Perawat                      : tolong ya mas - mba’ ini,tunggu diluar biar kami bisa mengobati 
 
                                     Pasien dengan cepat.

Amal & komang     : Baik lah brur.....

        
Setelah lukman, selesai diobati ia dipindah kan keruangan perawatan. Setelah tiga hari kemudian perawat datang keruangan lukman dirawat untuk mengganti balutan lukanya.

 Perawat           : Selamat siang de’, saya perawat jefiska akan mengganti balutan 
               lukanya. Oh ya de’gimana rasanya setelah beberapa hari
                           dirawatdisini?

             lukman                : Rasanya nyaman kok... udah agak mendingan rasa sakitnya, tapi
                                saya pingin cepet pulang soalnya udah kangen rumah.



 komang                : Iya nih brur... kapan adik saya bisa pulang? Soalnya biaya nya tidak    

                                mendukung nih.... udahkeregitudeh...

 perawat            : Kalau soal itu tergantung dari kesembuhan adik nya mbak......
                           baik lah mbak saya akan mulai mengganti balutan luka nya mbak.

 lukman                 : Nggak sakit kan brur... ih aku takut....

 amal               : Udah...udah nggak apa-apa kok.

 komang                 : kok pakai diganti segala balutan nya? Biarin aja brur kan nggak

                                  usah repot-repot jadinya.

Perawat           : Tujuan dari penggantian balutan luka untuk mencegah terjadinya
                          Infeksi serta memberikan rasa nyaman pada adik mba’
.
Amal :                : oh...begitutoh...hahaha aku baru tahu nih

            Perawat kemudian melakukan prosedur pelaksanaan penggantian balutan
luka sambil menjelaskan langkah demi langkahkepada pasien.

Perawat           : de’ balutan luka de’akan dibuka terus dibersih kan setelah itu
                          Diberi betadine dan ditutup kembali dengan has kemudian
 
                           diplester.

lukman                 : Udah selesai ya brur...  aduh udah bosen nih.....

Perawat           : Udah...udah selesai kok de’ perawatannya.Jadi de’bisa
  istirahat.

komang                  : Kok cepet banget sih..... kayak kilat

amal                : Iyanih kayak kilat... cepet banget....

Perawat           : Baiklah mas dan mbak perawatan luka nya telah selesai. Jadi
              De’bisa istirahat agar lekas sembuh.



                        Setelah perawatan selesai, perawat meninggal kan ruangan itu dan drama kami pun berakhir.Terima kasih atas perhatian nya.

 ‘’ Di sini gunung di sana gunung di tengah- tengah nya ada pulau jawa wayang nya bingung dalang nya pun bingung yang penting bisa persentasi”



No comments:

Post a Comment